Selasa, 15 Juni 2010

Membuat Web 1 >> bikin Halaman Baru Pada Dreamweaver

MERENCANAKAN SEBUAH WEBSITE

Dalam membuat website kita harus merencanakan dahulu apa tujuan dari pembuatan website ini, informasi-informasi apa yang akan diberikan dan kepada siapa informasi-informasi tersebut dituju.
Macromedia Dreamweaver adalah salah satu program pembuatan website yang mempunyai banyak sekali menu-menu dan tool-tool yang dapat dipergunakan untuk mendesain website yang lebih kreatif, anda dapat membuat sebuah site yang komplit. Untuk mendapatkan hasil lebih bagus, anda harus mendesain dan merencanakan wesite anda lebih dahulu untuk tiap-tiap halaman site yang ada.

Rencana dan desain sebuah site
Ketika memulai merencanakan membuat website, anda diharapkan melakukannya secara bertahap dan terencana untuk memastikan situs anda baik dan berhasil. Walaupun anda hanya akan membuat homepage pribadi yang hanya akan dilihat dan dikunjungi oleh teman dan keluarga anda. Bagi anda seorang staff pengajar situs pribadi anda bisa digunakan untuk memberikan informasi dan layanan ajar online untuk mahasiswa anda.

Menentukan tujuan anda
Menentukan tujuan site anda adalah langkah pertama kali yang harus anda ambil untuk pembuatan sebuah website. Tanya pada diri anda atau rekan anda tentang sebuah website. Apa yang anda harapkan bila anda mempunyai situs pribadi? Tulis semua tujuan dan harapan anda agar anda dapat mengingatnya saat proses mendesain website. Tujuan-tujuan tersebut akan sangat membantu anda agar tetap terfokus dan mempunyai target terhadap website yang anda inginkan.
Sebuah website yang memberikan  berita-berita  dengan  subjet  tertentu sangat berbeda dengan website yang menjual produk atau komersial.

Memilih sasaran pengunjung situs
Setelah anda menentukan apa yang anda inginkan untuk menyelesaikan website anda, anda harus  menentukan siapa saja,atau sasaran pengunjung situs anda. Sebenarnya ini adalah pertanyaan bodoh, siapa saja didunia dapat mengunjungi situs anda. Banyak orang mengunakan browser  berbeda  satu dengan lainnya,kecepatan yang berbeda, dan punya atau tidak punya media plug-in tambahan (contoh=speaker). Semua faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi dalam menggunakan situs anda. Maka anda harus menentukan target audience,setelah itu dapat mendesain website anda.


MEMBUAT, MEMBUKA, DAN MENYIMPAN DOKUMEN HTML
Dreamweaver menawarkan berbagai macam cara untuk membuat suatu dokumen. Anda dapat membuat baru, dokumen HTML yang kosong; Anda dapat membuka dokumen HTML yang sudah ada,atau jika untuk mempersingkat waktu, anda dapat membuat dokumen baru berdasarkan template (blangko).

Membuat dokumen HTML kosong baru :
  Pada tampilan windows, pilih menu  File > New.




Untuk membuka file HTML yang sudah ada :
Pilih menu File > Open
Anda dapat memilih file HTML yang anda inginkan.

        
Membuat dokumen baru berdasarkan template : 
  • Pilih menu File & gt; New from Template. Akan tampak dialog box, daftar template-template yang ada (anda harus membuat sebuah template terlebih dahulu sebelum membuat dokumen baru berdasarkan template) 
  • Pilih  salah  satu  template.  Dokumen  baru  akan  dibuat  berdasarkan template tersebut.

Menyimpan dokumen :
  • Pilih menu File > Save.
  • Ketik nama file dan tentukan dimana anda ingin menyimpan file tersebut.  
  • Catatan : Dreamweaver akan secara otomatis menyimpan file tersebut dalam bentuk htm atau html.  
  • Klik  button Save untuk menyimpan file tersebut.

Mengatur document properties
Judul halaman, background image dan warna-warna, teks dan warna link adalah  dasar  dari  semua  dokumen  HTML.  Judul  halaman  merupakan identitas dan nama dokumen. Background image atau gambar background dari halaman (kita bisa juga memakai warna untuk background) diatur untuk keseluruhan tampilan dari dokumen tersebut. Teks dan warna link membantu untuk pengunjung situs membedakan teks mana yang bisa masuk kehalaman lain, dan juga bisa membedakan dari warna teks link sudah dikunjungi atau belum.

Merubah judul halaman
Judul dari halaman HTML sangat membantu pengunjung tetap dapat memberitahu  site  apa  yang  sedang  pengunjung  buka,  dapat  dilihat  pada menu bar windows dibawah. Jika anda memberi judul pada halaman tersebut maka tidak akan tampak identitas halaman tersebut pada tampilan window.

Untuk mengganti judul halaman :
Langkah-langkah :
  • Pilih menu Modify > Page Properties. 
  • Klik kursor anda pada daerah kosong di halaman web.  
  • Lalu pilih Page Properties dengan mengklik kanan mouse anda. Masukkan judul untuk halaman tersebut pada title text box.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar